Panduan Live Watch WD Watch List

Diposting oleh Bloggerpreneur on Selasa, 19 Oktober 2010



Live WD Watch List & Live WD Penny List adalah bentuk sederhana dari WD Watch List & WD Penny List dengan satu kelebihan, yaitu proses update berlangsung secara live selama jam bursa. Pemetaan status teknikal dari kedua tabel ini sangat bermanfaat untuk short term trader maupun medium/long term trader yang ingin memantau portofolionya selama jam bursa dan tidak ingin 'kebanjiran informasi' dari layar running trade.  

Saham yang berada di tabel Live WD Watch List mengikuti 35 saham di WD Watch List, sementara saham yang berada di Live WD Penny List merupakan pilihan 70 saham, dari 415 saham, yang memiliki nilai Trx terbesar seiring perkembangan perdagangan pada hari tersebut.

PEMBAGIAN ZONA :  
Diurutkan dari atas ke bawah : Zone 1 = Ditandai dengan adanya angka indeks pada pojok kanan atas kolom ticker saham 
Zone 2 = Ditandai dengan font standar pada angka di kolom Resist 
Zone 3 = Ditandai dengan font tebal dan underlined/garis bawah pada angka di kolom Resist 
Zone 4 = Ditandai dengan font tebal dan strikethrough/garis coret pada angka di kolom Resist. 
Pada kondisi normal, biasanya ke-4 Zone ini selalu muncul, tapi pada kondisi strong bullish/bearish, bisa jadi Zone bawah/atas akan hilang   

PENJELASAN ISTILAH & WARNA :  
Stock = ticker saham Angka indeks menunjukkan berapa hari sejak saham tersebut masuk di Zone 1. Kolom stock berlatar biru menandai saham-saham yang grafiknya menunjukkan uptrend untuk trading/investing medium-term. Review/pengamatan grafik dilakukan setiap minggu. Kolom stock berlatar kuning menandai saham favorit atau saham yang sedang dipantau. Pewarnaan kuning ini memudahkan pemantauan karena posisi saham di tabel selalu berpindah-pindah tergantung pergerakan harga.  
Last = Harga quote terakhir Kolom Last berlatar hijau menunjukkan saham yang baru masuk Zone 1 dalam waktu setengah jam  terakhir. Kolom Last berlatar merah menunjukkan saham yang baru masuk Zone 4 dalam waktu setengah jam terakhir.
+/- = Perubahan harga terhadap close hari sebelumnya Kolom +/- berlatar hijau/merah menunjukkan harga naik/turun  
% = Persentase perubahan harga Kolom % berlatar hijau/merah menunjukkan top 5 gainers/loosers untuk masing-masing tabel  
Resist = Level resistance berdasar WD Watch List / WD Penny List  
Colors = Status berapa hari terjadi harga naik (Greens) atau harga turun (Reds) Kolom Colors berlatar hijau/merah menunjukkan kecenderungan bullish/bearish  
Trx = Estimasi nilai transaksi Kolom Trx berlatar biru menunjukkan Top 5 Trx untuk masing-masing tabel  
V-R = Perbandingan Volume transaksi dengan rata-rata volume harian selama 50 hari sebelumnya Untuk V-R yang bernilai lebih dari 1, Top 10 V-R pada masing-masing tabel akan berlatar hijau, jika harga naik, dan sebaliknya berlatar merah, jika harga turun. (Sedikit berbeda dengan pewarnaan Top 5 gainers (hijau) + Top 5 Loosers (merah), maka warna latar Top 10 V-R tidak akan terbagi 5 latar hijau dan 5 latar merah, tapi bervariasi, tergantung status +/- dari saham)  

ANALISIS PASAR :  
Pasar yang bullish ditandai dengan perpindahan saham ke zona-zona atas, dimana ketika pasar sangat bullish maka mayoritas saham berada di zona 1 dan bisa jadi zona-zona bawah hilang dari tabel. Jika kolom Colors dari saham-saham di zona 1 itu mulai banyak berlatar merah, maka koreksi pasar mungkin akan segera terjadi. Sebaliknya, pasar yang bearish ditandai dengan perpindahan saham ke zona-zona bawah, dimana ketika pasar sangat bearish maka mayoritas saham berada di zona 4 dan bisa jadi zona-zona atas hilang dari tabel. Jika kolom Colors dari saham-saham di zona-zona bawah itu mulai banyak berlatar hijau, kemungkinan pasar akan segera rebound.    

INVESTASI JANGKA MENENGAH/PANJANG :  Pemilihan saham untuk investasi jangka menengah/panjang berdasar pada adanya pembentukan garis tren naik yang terlihat di grafik. Saham yang terpilih ditandai dengan latar biru pada kolom Stock di kedua tabel. Evaluasi/review pilihan saham tersebut dilakukan seminggu sekali (kecuali ada kejadian khusus). Untuk mengoptimalkan hasil investasi, investor dapat melakukan strategi beli/tambah ketika saham itu berada di zona 3 atau 4 DAN menunjukkan sinyal bullish, lalu jual/kurangi ketika saham itu berada di zona 1 DAN menunjukkan sinyal bearish.   

PERDAGANGAN JANGKA PENDEK :  
Pilihan BELI :  
1. Strategi Buy High Sell Higher : Cermati saham-saham di zona 1 dengan angka indeks 1, terutama jika sinyal berlatar merah BELUM mulai muncul pada kolom Colors dan kolom V-R berlatar hijau dan/atau bernilai lebih dari 1  
2. Strategi Buy Low Sell Higher : Cermati saham-saham di bagian bawah (zona 3 atau 4, tergantung kondisi pasar), terutama jika status Reds pada indikator Colors sudah lebih dari 3 (misal: 4-Reds, 5 Reds) dan kolom V-R berlatar hijau dan/atau bernilai lebih dari 1  
Sinyal JUAL :  
Cermati saham yang kolom Colors-nya SUDAH MULAI BERLATAR MERAH, karena bisa jadi harganya akan terkoreksi. Secara umum, ketika pasar sudah overheat, dimana banyak sinyal berlatar merah di kolom Colors di zona 1 (terutama) tabel WD Watch List , maka kemungkinan mayoritas saham akan terkoreksi karena terbawa sentimen pasar.  

WD Watch List & WD Penny List dimuat di harian bisnis KONTAN, setiap hari bursa  (http://kontan.realviewusa.com). 
Dapatkan grafik saham pilihan setiap minggu dengan mengirim email kosong ke meta-noia-subscribe@yahoogroups.com.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar